Minggu, 02 Oktober 2011


Permainansepak bola

Tujuan sepakbola adalah memasukan bola sebanyak banyaknya ke gawang lawan. Oleh karena ituberbagai strategi, tehnik bermain dan berkerja samaantarpemain menjadi kunciutama dalam permainan.
FORMASIDALAM PERMAINAN SEPAK BOLA

Formasi4 – 2 - 4
Cara melakukannya 4 – 2 – 4

1) Empat pemain belakang merupakan pertahananyang kuat. Kedua pemain tengah (center back) bermain berdamping satu sama lainsecara diagonal. Salah satu dari center back ini ikut bergerak maju saat timsedang melakukan serangan.

2) keduaback (kiri/kanan) mendapat bantuan penuh dari center back masingmasing, agarlebih dapat memusatkan perhatian penyerang sayap lawan. Dalam sistem ini,masing masing back dapat membantu penyerangan bergantung dari rusuk manapenyerangan itu dilakukan.

3) Keduapemain lapangan tengah (gelandang) merupakan pemain yang paling sibuk, merekanhars menjelajahi lapangan dengan radius yang luas.
4) Keempat pemain penyerang memounyai tugas utamamenyerang. Kedua pemain sayap ikut dalam usaha membangun serangan yang dimulaidari garis tengah lapangan.

5) Kedua pemain tengah yang merupakan dua ujungtombak merupakan bahaya permanen bagi gawang lawan.


Formasi 4 - 3 – 3

cara melakukan formasi 4 - 3 – 3
1). Dukunganpemain lapangan tengah menguntungkan bagi stabilitas pertahanan.
2) Pemainlapangan tengah dapat melakukan terobosan yang tiba tiba ke arah lawan.
3). Pemain gelandang tengah berperan sebagai“pengatur” dalam membangun permainan.
4). Dariketiga penyerang dilakukan seorang yang mengedalikan komando yang dapatmelancarkan serangan, sehingga senatiasa mambahayakan gawang lawan.
5). Pemain sayap dapat bergerak lebih bervariasi daripada pemain sayap formasi 4 – 2– 4.
6).Disamping pergerakan perorangan seperti terbosan ke garis gawang lawan.

Formasi 4 – 4 – 2
Cara melakukan formasi 4 –4 – 2

1) Didepandaerah pertahanan, barisan pertahanan diperkuat empat pemain lapangan tengah..
2) Jikadilakukan secara benar maka sistem ini hanya secara temporermemerlukan bantuandi lapangan tengah.
3) Keduanpenyerang harus membuat pemain belakang lawan sibuk dan senatiasa mengecamgawang lawan, (pemain lapangan tengah ) dengan melakukan gerakan gerakan-gerakan individual seperti membawa bola.
4) Perludiingat jika “ barisan kedua “ pada lapangan tengah ternyata tidak berbahayabagigawang lawan (karena kualitas pemian lapangan tengah yang tidak mendukung)maka sistem ini tidak berhasil.


Formasi1 – 3 – 3 – 3
Caramelakukan formasi 1 – 3 – 3 - 3
1) Pemain belakang tengah (center back) beradadalam posisi dibelakang ketiga pemain bertahan lainya.
2) Pemain libero terkait dengan tugas tertentu. Diamerupakan pemain “bebas” yang tugasnya melapisi atau membantupertahanan danmelindungi daerah bahayanya.
3) Pemainyang berada di depan libero dapatmelakukan pnjagaan satu lawan satu ( MAN TO MAN MARKING ) resiko dalam melewatiatau dilob, menjadi lebih kecil karena posisi libero yang ada di belakang..
4) Dariposisi yang “di belakang”, seorang libero memliki pandang yang luas terhadapjalannya permainan. Dengan posisi yang benar, maka seranga pihak lawan akanmenuju ke arah libero.
5) Jikafungsi “libero” dibatasi hanya pada kegiatan pertahanan, maka sistem 1 – 3 – 3 – 3 ini berkuarang sifatofensifnya.




0 komentar:

Posting Komentar