Minggu, 28 April 2013

Sayuran dan Buah yang Banyak Mengandung Vitamin A

Mengenal sayuran dan buah yang banyak mengandung vitamin A mampu membantu diri kita sendiri untuk dapat memilih makanan sehari-hari yang tepat dan bergizi untuk tubuh. Seperti buah dengan warna jingga lebih banyak mengandung betakaroten (bentuk dari vitamin A) dibandingkan buah dengan warna yang lain. Dengan sayuran pun begitu. Sayuran dengan warna jingga lebih banyak mengandung vitamin A dibandingkan sayuran berwana hijau. Pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang jenis-jenis buah dan sayuran yang dapat Anda konsumsi untuk pemenuhan gizi vitamin A Anda.

Sayur-sayuran yang Banyak Mengandung Vitamin A

Sayuran yang banyak mengandung vitamin A antara lain seperti wortel, brokoli, kangkung, bayam, ubi jalar merah, dan labu kuning. Sayuran tersebut kaya akan betakaroten tentu juga dengan begitu sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata.

Kandungan Vitamin A pada Wortel

Siapa yang tidak kenal wortel? Dalam film animasi kartun biasanya kelinci diidentikkan dengan memakan wortel (walaupun tidak selalu tepat seperti itu) sehingga memberikan ajakan untuk memakan wortel agar terlihat lebih sehat seperti kelinci. Wortel ini sangat bermanfaat tidak hanya pada saat dimakan. Diketahui bahwa petani biasanya menanam worter di kebun bersamaan dengan tanaman lain untuk dapat menyuburkan tanah dan mengundang kumbang predator untuk menjaga ekosistem secara alami. Untuk manusia, tentu kandungan gizinya tiap 100 gr mengandung vitamin A sebanyak 835 mg (93%) sedangkan mengandung beta karoten sebanyak 8285 mg (77%). Cocok dikonsumsi harian demi kebutuhan vitamin A pada tubuh.

Kandungan Vitamin A pada Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang mengandung banyak folat, vitamin C dan kalsium. Walaupun mengandung vitamin A juga tapi lebih sedikit kandungannya daripada kandungan pada sayuran wortel. Jika dalam brokoli kandungan vitamin A-nya adalah 228 mg setiap 100 gr brokoli yang ada. Selain bermanfaat sebagai penunjang kesehatan mata, brokoli juga sebagai sayuran yang mampu menormalkan kadar gula dalam darah.

 

Kandungan Vitamin A pada Kangkung

Kangkung pun juga merupakan sayuran yang mengandung vitamin A. Tercatat dalam 100 gr kangkung mengandung vitamin sebanyak 1.890 mg. Sedangkan vitamin C mengandung 32 mg dan vitamin B1 sebanyak 0,07. Tidak disebutkan secara spesifik berapa kandungan vitamin A dalam kangkung. Karena kadar 1.890 mg tersebut kandungan vitamin gabungan termasuk kandungan vitamin A. Manfaat dari kangkung mampu untuk mengobati sembelit, memperlancar buang air kecil, serta sebagai anti radang.

 

Kandungan Vitamin A pada Bayam

Sedangkan pada bayam yang bermanfaat untuk mencegah jantung koroner dan anemia, mengandung vitamin A dalam kadar 100 gr bayam adalah sekitar 1.827 mg. Sehingga dalam penelitian mampu mencegah katarak dan degenerasi macula. Penelitian berlanjut bahwa mereka yang mengkonsumsi bayam dapat mencegah resiko penyakit mata ini sampai 40%.

 

Buah-buahan yang Banyak Mengandung Vitamin A

Selain sayur, ternyata buah juga mengandung banyak vitamin A loh. Setelah pembahasan tentang sayur yang mengandung vitamin A, akan dibahas tentang buah yang mengandung vitamin A.


Kandungan Vitamin A Pada Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang juga mengandung vitamin A. Buah pepaya mengandung 276 mikrogram dalam 100 gr sajian buah pepaya. Sedangkan dalam satuan SI kandungan buah pepaya adalah 1.094 sampai 18.250 SI. Fungsi dari pepaya antara lain sebagai antiseptik serta menjadi pemecah protein serta lemak yang masuk ke dalam tubuh.

 

Kandungan Vitamin A Pada Pisang

Buah pisang memiliki manfaat seperti mencegah penyakit anemia, mengobati penyakit liver, dan bermanfaat bagi penderita diabetes. Sedangkan kandungan vitamin A pada buah pisang sendiri adalah 45 mg dalam 100 gr sajian buah pisang. Untuk itu buah pisang mudah ditemukan dan banyak dijual dan Anda pun tidak akan kesulitan dalam mendapatkan pemenuhan vitamin A.

 

Kandungan Vitamin A Pada Melon

Buah melon juga bisa Anda konsumsi selain sebagai buah yang manis dan enak, ternyata buah ini mengandung banyak manfaat dan vitamin. Dimana buah melon ini sendiri dapat menghaluskan kulit serta menyehatkan ginjal. Bahkan bisa menjadi obat anti sembelit secara alami. Buah ini juga mampu meredakan panas dalam. Kandungan vitamin A pada buah melon dalam takaran 100 gr adalah 642 mcg.

 

Kandungan Vitamin A Pada Semangka

Buah semangka dalam takaran 100 gr dapat memenuhi 11% kebutuhan vitamin A untuk tubuh. Buah ini bermanfaat sebagai anti kanker. Dengan artian zat likopen yang terdapat dalam komponen warna merah buah semangka ini mampu melawan radikal bebas. Sehingga mampu melawan kanker seperti kanker prostat, kanker kolon serta kanker ovarium dan kanker payudara. Untuk itu konsumsilah buah semangka demi kesehatan anda.

 

Kandungan Vitamin A Pada Belimbing

Buah belimbing lebih jarang dikonsumsi banyak orang karena rasanya yang asam dan kecut. Jika untuk pemenuhan vitamin A seperti buah diatas tentu orang lebih memilih buah manis diatas yang telah dibahas daripada buah belimbing. Namun tak ada salahnya mengetahui manfaat dan kandungan vitamin A pada buah belimbing. Vitamin A pada belimbing adalah 61 IU setiap 100 gr sajiannya. Bermanfaat untuk mencegah hepatitis. Jika dibuat jus dapat menjadi pengembali stamina.

Sumber wikivitamin.com

0 komentar:

Posting Komentar