Jumat, 16 Maret 2012

KEBUDAYAAN MASYARAKAT


KEBUDAYAAN  MASYARAKAT


A.    PENDAHULUAN

1.1    Latar belakang.

     Pada system budaya banyak sekali perbedaan antara suku satu dan suku lainya, karena kebudayaan adalah hasil yang berharga dan sangat perlu di lestarikan pada anak dan cucu -cucu kita. dengan lingkungan alam dan sosialnya dengan ruang dimana ia hidup dan dalam penghadapannya dengan waktu, peluang dan pilihan, Kebudayaan sering disebut Nilai – nilai sejarah yang bernilai tinggi dan yang berkhas dari berbagai bangsa dan Negara.

  Dalam literatur lain dikatakan bahwa kebudayaan adalah seluruh cara kehidupan dari masyarakat yang menapun dan tidak hanya mengenai sebagian dari cara hidup itu yaitu bagian yang  oleh masyarakat  dianggap lebih  tinggi atau lebih diinginkan. Jadi, budaya menunjuk pada berbagai aspek kehidupan yang meliputi cara-cara berlaku, kepercayaan – kepercayaan dan sikap-sikap  dan juga hasil dari kelompok  manusia yang khas untuk suatu masyarakat atau kelompok tertentu.

1.2  Tujuan

Budaya dalam arti yang luas adalah suatu keadaan akibat perilakumanusia yang secara perorangan atau kelompok, bermasyarakat dan bernegara yang dapat mempengaruhi kehidupan yang damai dan tenteram,sejahtera dalam arti bahwa semua dapat hidup sehat diatas garis kemiskinan, tidak membedakan suku, etnik, ras dan jenis kelamin, tidak mencemari dan merusak lingkungan, tidak meracuni sumber daya alam terbaharukan dan tidak terbaharukan, yang secara demokratis menjunjung tinggi hak dan kewajiban asasi manusia, memberi kebebasan untuk beragama, kebebasan mengeluarkan pendapat dan kebebasan dapatmenikmati pendidikan sesuai bakat dan keinginannya .

Dari mana manusia sebelum lahir (sangkan), dan kemana manusia sesudah mati (paran). Hasilnya berupa norma-norma keagamaan/kepercayaan. Rasa adalah kerinduan manusia akan keindahan, sehingga menimbulkan dorongann untuk menikmati keindahan. Hasil dari perkembangan rasa terjelma dalam bentuk dalam berbagai norma keindahan yang kemudian menghasilkan macam-macam kesenian.



1.3  ISI

          Budaya adalah suatu pola dari keseluruhan keyakinan dan harapan yang dipegang teguh secara bersama oleh semua anggota organisasi dalam pelaksanaan pekerjaan yang ada dalam organisasi tersebut. Dengan demikian, budaya dalam suatu organisasi adalah menjadi pengikat semuakaryawan secara bersama dalam organisasi tersebut dan sekaligus sebagai pemberi arti dan maksud dalam keterlibatan karyawan tersebut dalam pekerjaan sehari-hari dari organisasi.Kebudayaan, cultuur dalam bahasa Belanda dan culture dalam bahasa Inggris, berasal dari bahasa Latin “colore” yang berarti mengolah,mengerjakan, menyuburkan dan mengembangkan. Dari pengertian budayadalam segi demikian berkembanglah arti culture sebagai “segala daya danaktifitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam”.

       Untuk membedakan pengertian istilah budaya dan kebudayaan, Djoko Widaghdo(1994), memberikan pembedaan pengertian budaya dan kebudayaan, dengan mengartikan budaya sebagai daya dari budi yang berupa cipta, rasa .dan karsa, sedangkan kebudayaan diartikan sebagai hasil dari cipta, karsa, dan rasa tersebut.Dalam literatur lain dikatakan bahwa kebudayaan adalah seluruhcara kehidupan dari masyarakat yang menapun dan tidak hanya mengenai sebagian dari cara hidup itu yaitu bagian yang oleh masyarakat dianggap lebih tinggi atau lebih diinginkan. Jadi, budaya menunjuk pada berbagaiaspek kehidupan yang meliputi cara-cara berlaku, kepercayaan - kepercayaandan sikap-sikap dan juga hasil dari kelompok manusia yang khas untuk suatu masyarakat atau kelompok tertentu. Budaya dalam arti yang luas adalah suatu keadaan akibat perilaku manusia yang secara perorangan atau kelompok,

B.     PENUTUP
1.4  Kesimpulan

Dari berbagai konsep diatas mari kita pelajari dan simak dengan cara, membiasakan perbuatan baik dari kebudayaan kita, dimana suatu etnik budaya dengan etnik budaya lainya yang dapat mempersatukan bangsa – bangsa di Negara kita, dapat mempengaruhi kehidupan  yang damai dan tenteram, sejahtera dalam arti  bahwa semua dapat hidup sehat diatas garis kemiskinan,

1.5  SARAN

Budaya adalah buah dari manusia, yang merupakan hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, alam danh jaman. Sebagai manusia yang berbudaya dan berbangsa kita tidak terlalu perlu menggunakan nilai budaya yang tak ada intinya, sebagai contoh “Mitos dan dongeng” ya mungkin saja itu sebagai daftar waris dari budaya setempat, tapi cerita seperti itu terkadang tidak biasa.

 donwload file document via 4shared.com
http://www.4shared.com/file/cbrEhBeF/file.html 

0 komentar:

Posting Komentar