Kamis, 01 Maret 2012

EFEK KEMBANG API for FLASH MX


1. Buatlah sebuah flash document.
2. Buatlah sebuah kotak berwarna hitam di stage dengan panjang dan lebar yang sama dengan panjang dan lebar stage.
3. Seleksi kotak tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan latar sebagai name dan movie clip sebagai type serta titik registrationnya berada ditengah-tengah lalu tekan ok.
4. Seleksi movie clip latar di stage dan tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan latar sebagai instance name.
5. Buatlah sebuah bintang yang ukurannya kecil. Berikan warna hitam pada bintang tersebut. Seleksi bintang tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan bintang sebagai name dan movie clip sebagai type serta titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
6. Seleksi movie clip bintang di stage dan masukkan binatang dalam kotak instance name pada panel properties. Letakkan movie clip bintang di luar stage.
7. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
//membuat variable bernama gravitasi dengan nilai 30
gravitasi = 30;
//membuat variable bernama jumlah_bintang dengan nilai 100
jumlah_bintang = 50;
//membuat variable bernama angka dengan nilai 100




angka = 100;
//membuat array bernama warna berisi kumpulan kode warna
warna = new Array("0xFF0000", "0xFFFFFF", "0xFFFF00", "0xFF9900", "0xFFCC33", "0xFFFFFF");
//ketika movie clip latar di tekan
latar.onPress = function() {
        //nilai variable angka ditambah jumlah_bintang yang sebelumnya ditambah 10 terlebih dahulu
        angka += jumlah_bintang+10;
        for (i=angka; i<(angka+jumlah_bintang); i++) {
               //duplikasi movie clip bintang dengan nama baru bintang+i
               duplicateMovieClip("bintang", "bintang"+i, i);
               //koordinat x bintang+i sama dengan koordinat x mouse
               _root["bintang"+i]._x = _root._xmouse;
               //koordinat y bintang+i sama dengan koordinat y mouse
               _root["bintang"+i]._y = _root._ymouse;
               //nilai variable posX bintang+i sama dengan nilai acak panjang stage dikurangi 200 dibagi 35
               _root["bintang"+i].posX = ((random(Stage.width)-200)/35);
               //nilai variable posY bintang+i sama dengan nilai acak lebar stage dibagi 2 dikurangi 200 dibagi 35
               _root["bintang"+i].posY = ((random(Stage.height/2)-150)/35);
               _root["bintang"+i].onEnterFrame = function() {
                       //ubah warna bintang+i sesuai kode warna pada array warna yang diacak
                       new Color(this).setRGB(warna[random(warna.length)]);
                       //koordinat x movie clip ini ditambah nilai variable posX movie clip ini dikali 0.6
                       this._x += this.posX*0.6;
                       //koordinat y movie clip ini ditambah nilai variable posY movie clip ini dikali 1
                       this._y += this.posY*1;
                       //nilai transparansi movie clip ini dikurangi 1
                       this._alpha -= 1;
                       //nilai variable posY movie clip ini di tambah nilai acak variable gravitasi dibagi 100
                       this.posY += random(gravitasi)/100;
                       //jika koordinat y movie clip ini lebih dari lebar stage atau jika nilai transparansi movie clip ini kurang dari 0
                       if (this._y>Stage.height || this._alpha<0) {
                               //hapus movie clip ini dari stage
                               this.removeMovieClip();
                       }
               };
        }
};




SILAKAN DI COBA KAWAN - KAWAN


0 komentar:

Posting Komentar