2. Buatlah
sebuah kotak berwarna
hitam di stage dengan
panjang dan lebar yang sama dengan panjang dan lebar stage.
3. Seleksi
kotak tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan latar sebagai name
dan movie clip sebagai type serta titik registrationnya berada ditengah-tengah
lalu tekan ok.
4. Seleksi
movie clip latar di stage dan tekan
Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan latar sebagai instance
name.
5. Buatlah
sebuah bintang yang
ukurannya kecil. Berikan warna hitam pada bintang tersebut. Seleksi bintang
tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan bintang sebagai name dan
movie clip sebagai type serta titik registrationnya berada di tengah-tengah
lalu tekan ok.
6. Seleksi
movie clip bintang di stage dan
masukkan binatang dalam kotak instance name pada panel properties. Letakkan
movie clip bintang di luar stage.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
|
//membuat variable
bernama gravitasi dengan nilai 30
gravitasi = 30;
//membuat variable
bernama jumlah_bintang dengan nilai 100
jumlah_bintang = 50;
//membuat variable
bernama angka dengan nilai 100
angka = 100;
//membuat array bernama
warna berisi kumpulan kode warna
warna = new Array("0xFF0000",
"0xFFFFFF", "0xFFFF00",
"0xFF9900", "0xFFCC33",
"0xFFFFFF");
//ketika movie clip
latar di tekan
latar.onPress
= function()
{
//nilai variable angka ditambah jumlah_bintang yang
sebelumnya ditambah 10 terlebih dahulu
angka
+= jumlah_bintang+10;
for (i=angka;
i<(angka+jumlah_bintang); i++) {
//duplikasi movie clip bintang dengan nama baru bintang+i
duplicateMovieClip("bintang", "bintang"+i,
i);
//koordinat x bintang+i sama dengan koordinat x mouse
_root["bintang"+i]._x = _root._xmouse;
//koordinat y bintang+i sama dengan koordinat y mouse
_root["bintang"+i]._y = _root._ymouse;
//nilai variable posX bintang+i sama dengan nilai acak
panjang stage dikurangi 200 dibagi 35
_root["bintang"+i].posX = ((random(Stage.width)-200)/35);
//nilai variable posY bintang+i sama dengan nilai acak
lebar stage dibagi 2 dikurangi 200 dibagi 35
_root["bintang"+i].posY = ((random(Stage.height/2)-150)/35);
_root["bintang"+i].onEnterFrame = function() {
//ubah warna bintang+i sesuai kode warna pada array warna yang
diacak
new Color(this).setRGB(warna[random(warna.length)]);
//koordinat x movie clip ini ditambah nilai variable posX
movie clip ini dikali 0.6
this._x += this.posX*0.6;
//koordinat y movie clip ini ditambah nilai variable posY
movie clip ini dikali 1
this._y += this.posY*1;
//nilai transparansi movie clip ini dikurangi 1
this._alpha
-= 1;
//nilai variable posY movie clip ini di tambah nilai acak
variable gravitasi dibagi 100
this.posY += random(gravitasi)/100;
//jika koordinat y movie clip ini lebih dari lebar stage
atau jika nilai transparansi movie clip ini kurang dari 0
if (this._y>Stage.height || this._alpha<0) {
//hapus movie clip ini dari stage
this.removeMovieClip();
}
};
}
};
SILAKAN DI COBA KAWAN - KAWAN
from : warungflash.com
|
0 komentar:
Posting Komentar