Senin, 26 Maret 2012

Kepribadian bangsa timur


PENDAHULUAN 

A . Latar Belakang

Pada pembahasan kali ini penulis mengangkat tema mengenali kepribadian bangsa timur , tentu kita mengetahui bahwa benua Asia sangat identik dengan kepribadian bangsa timur khususnya bangsa Indonesia . 

Bangsa Timur khususnya Indonesia disebut sebagai cerminan kepribadian bangsa timur dikarenakan mayoritas penduduknya menjunjung nilai kesopan santunan yang tinggi terhadap sesama , bukan itu saja bangsa timur khususnya Indonesia dapat terbuka dan ramah terhadap bangsa asing yang datang ke Indonesia sehingga hal itulah yang membuat bangsa lain betah untuk datang ke Indonesia bahkan betah untuk menetap sebagai WNI .

Masih banyak lagi hal yang membuat bangsa Indonesia menjadi cerminan kepribadian bangsa timur dan selanjutnya akan dibahas pada bab pembahasan .


B . TUJUAN 


Tujuan penulis mengangkat tema tersebut dengan maksud agar kita selaku individu yang tinggal dan menetap sebagai bangsa timur menyadari hal tersebut dan semoga dengan penulis membahas tema pada kali ini dapat memacu kita semua untuk lebih meningkatkan kembali citra baik yang selama ini telah dilakukan .


BAB II 


ISI 


C . Pembahasan 


Sudah disebutkan beberapa faktor mengapa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang identik akan kepribadian bangsa timur namun pada bab pembahasan ini penulis akan membahas kembali secara terperinci faktor-faktor tersebut.


Berikut pembahasannya :


a) Bangsa timur identik menjunjung nilai kesopanan yang lebih tinggi dibanding budaya barat  

Inilah faktor utama yang membuat bangsa timur khususnya Indonesia menjadi bangsa yang berkesan di mata orang asing yang berkunjung ke Indonesia karena faktor inilah yang seolah-olah membuat kesan yang tidak terlupakan .Jika dibandingkan budaya barat bangsa timur dapat dikatakan lebih unggul darinya karena budaya barat cenderung kurang dalam menjunjung nilai kesopanan .


b) Bangsa timur lebih terbuka dan ramah tamah terhadap bangsa atau negara lain 

Ini adalah faktor kedua yang menyebabkan bangsa kita ini adalah bangsa yang paling digemari bangsa asing sebagai tujuan wisata karena dengan sifat masyarakat Indonesia yang terbuka dan ramah baik kepada sesama maupun kepada bangsa asing membuat bangsa asing tidak takut untuk bercengkrama meskipun bangsa asing tersebut belum pernah mengenal sebelumnya . 

c) Bangsa timur juga amat peduli dengan orang lain 

Faktor ketiga ini sudah mendarah daging bagi masyarakat bangsa timur , peduli kepada sesama merupakan sebuah keharusan yang tidak bisa ditinggalkan . Bangsa timur bahkan tidak pandang bulu dalam memberikan simpati dan kepedulian , orang asing yang belum dikenalpun akan dibantu selama ia bisa membantunya , Hal ini sanagat jauh berbeda dengan kepribadian bangsa barat yang bersifat liberal serta lebih individualis dan egois dalam kehidupan bermasyarakat .



BAB III  

PENUTUP

D . Kesimpulan


Dalam pembahasan kali ini kita dapat ambil sebuah kesimpulan bahwa bangsa timur khususnya Indonesia telah mengukir citra baik dimata dunia yang akan terus bertahan dari dulu hingga kini jika sifat ini terus dilakukan dan dibudayakan dalam kehidupan sehari-hari dan yang paling penting adalah terus menjadikan sifat baik ini sebagai sifat yang mendarah daging dan menjadikan sifat baik ini warisan baik untuk generasi selanjutnya .


E . SARAN 
Penulis sangat mengaharapkan sifat baik ini akan terus selamanya menjadi ciri khas dan menjadi trademark yang membuat bangsa Indonesia akan terus diingat dunia akan keramahannya , kesopan santunannya , keterbukannya dan kepeduliannya terhadap sesama sehingga begitu kita menyebutkan bangsa Indonesia yang diingat hanyalah hal tersebut .

0 komentar:

Posting Komentar