Minggu, 06 November 2011

Apa Sih Budaya Itu..?

budaya atau kebudayaan berasal dari bahasaSanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi(budi atau akal) yang dapat berkaitan dengan budi dan akal manusia. Budaya itu sendiri ialah suatu cara hidup yangberkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan darigenerasi ke generasi.
Kebudayaan sangat erat hubungannyadengan masyarakat. Kate nye sih Mr.Melville J. Herskovits dan BronislawMalinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakatditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilahuntuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.
Macam macam kebudayaan tuh banyak yayang di indonesia, di sini gan ane sih jelasin kebudayaan lokal dan interlokalaja “eetts udah kaya telepon umum aje hehehehe :D”... ane simak aje nih hehehe.. . .

KEBUDAYAAN jawa di indonesia
Bahasa yang di gunakan adat jawa itulembut,manis dan sopan kalo bahasa gaulnya sih kalem ya kalo ga percaya sihente liat atau kenalan aja sama orang jowo, heheh :DD di jawa itu juga terbagi3 bagin yaitu jawa barat,tengah, dan timur di setiap tempat memounyai kebudayaanyang berbeda beda nah yang buat ciri khas dari budaya itu sendiri ya di mulaidari {senjata khas,pakaian adat, rumah adat, makanan, dan seni tarinya sendirigan}
Misalkan ane mau ke jawa tapi kaloudah tau masakaan khas dari jawa tengah seperti LANTING, GETUK GORENG,TEMPEMENDOAN dan GUDEG yah begitulah...

Kebudayaan mesir kuno EGYPTOLOGY

PeradabanMesir kuno saat itu berkembang di sepanjang sungai Nil. Seorang pendeta Mesirbernama “Manetho” telah mengalih bahasakan sejarah raja-raja Mesir ke dalambahasa Yunani. Yang Inskripsi- Inskripsi yang menggunakan huruf hieroglifdialih bahasakan kedalam bahasa “coptic”, yakni bahasa yang digunakan olehorang Mesir pada masa akhir kuno. Ane ga termasuk loh gan,

Daribahasa itu kemudian diterjemahkan lagi ke dalam bahasa Yunani. “Champolion”adalah seorang sarjana Perancis yang berjasa dalam membaca huruf hieroglif yangterlupakan, yakni melalui prasasti batu Rosetta yang berisikan aksara YunaniKuno, Paku dan hieroglif.

Nah pasti pada penasaranya soal piramida terbentuk, nih ane jelasin aja deh, KUIL
Dari segi arsitektur, sebagai kuil mempunyai elemen-elemen penting, yakni Pylon(tiang batu besar dan tinggi di depan kuil), pintu masuk dengan bangunan gapurabesar yang dilengkapi tiang bendera, halaman yang dikelilingi tembok, auladengan deretan kolom besar dan altar. “ ya bagi yang muslim seperti mesjid deh”


Seni Patung Dan Seni Lukis
Dari kepercayaaan Mesir,muncul bentuk-bentuk patung, dewa, raja dan pendeta. P atung-patung kolosal masih terusdiproduksi. Akan tetapi patung-patung berukuran kecil dengan bahan kayu ataubatu banyak mendapat perhatian. Para seniman patung masa itu menaruh perhatianpada detail sekitar wajar, misalnya Patung Rohatep dan nofrat.
inpw,may mean "puppy" or "young dog"
Pada masa kekuasaan dinastike-5 muncul seni patung kepala dari bahan kayu, patung ini sekaligusmenunjukkan kebebasan seniman patung dalam berekspresi dan menentukan objeknya.Kehalusan penggarapannya dan diteil sangat jelas terlihat dalam patung ini. Wahhebat dah ya

Kebudayaan masyarakat afrika dan politiknya

Masyrakat afrika selatan PendudukAfrika Selatan terdiri atas kurang lebih 5 juta kulit putih dan 23 juta kulithitam. Penduduk kulit putih terdiri atas dua golongan, ialah sekitar 3 jutakulit putih yang menyebut dirinya Afrikaner, yaitu mereka yang menganggap cikalbakal atau pelopor bangsa kulit putih di Afrika Selatan. Mereka adalahorang-orang Boer. Dua juta penduduk kulit putih lainnya ialah orang-orangInggris, Itali dan lain sebagainya.
Bahasa yang dipergunakan olehgolongan putih pada umumnya bahasa Inggris. Golongan Afrikaner berbahasaBelanda, khas Afrika Selatan.

Golongan Afrikaner ini pun terdiriatas dua kelompok, yaitu Afrikaner yang bercampur dengan orang-orang Inggrisdan Afrikaner yang terpisah dari pergaulan itu. Afrikaner yang bercampur denganInggris, berkembang maju dengan mendapat kedudukan-kedudukan baik, sedangkanAfrikaner yang terpisah, hidupnya kurang mendapat perhatian. Mereka merupakangolongan yang statusnya kurang menentu di antara penguasa kulit putih danrakyat kulit hitam. Oleh penguasa, golongan tersebut terabaikan. Bergabungdengan kulit hitam suatu hal yang tidak mungkin.

MASALAHAPARTHEID

Perang boerdan berlakunya sistem aparthied di afrika selatan
DaerahAfrika Selatan selain tanahnya subur juga memiliki hasil penambangan emas.Derah itu pada awalnya dikuasai oleh bangsa Portugis, tetapi sejak abad ke-7diambil alih oleh bangsa Belanda. Sejak itu daerah Afrika Selatan menjadikoloni Belanda dan banyak orang-orang Belanda yang datang dan menetap di daerahitu. Pada tahun 1812 orang-orang Inggris juga datang di Afrika Selatan danberhasil mendesak orang-orang Belanda (Boer). Setelah terlibat dalam peranghebat (perang Boer) bangsa Belanda mengalami kekalahan, sehingga Afrika Selatankemudian dibagi dua. Afrika Selatan bagian utara diduduki oleh Bangsa Boer,sedangkan bagian selatannya diduduki oleh Inggris. Di bagian selatan, Inggrismendirikan Natal dan Cape Town sebagai daerah koloni mereka, sedangkan dibagian utara berdiri dua negara, yaitu Oranye Vrijstaat dan Transvaal olehBangsa Boer.

0 komentar:

Posting Komentar