Senin, 29 Juli 2013



Pengertian dari Header dan Footer adalah sebuah perintah yang bisa digunakan untuk memberikan/menambahkan catatan kaki (footer) atau header (catatan kepala).

Biasanya perintah ini digunakan untuk naskah yang terdiri dari beberapa halaman yang
terintegrasi isinya satu sama lain seperti proposal, karya tulis ilmiah, dan lain-lain.

Dengan fasilitas ini kita bisa menambahkan nomor halaman (page number), tanggal (date), dan waktu (time) yang bisa kita tempatkan di sebelah kiri (left), center (tengah), atau right (kanan) dari header atau footer yang kita buat.


Untuk membuat nomor halaman, header dan footer yang berbeda-beda pada setiap halaman dalam satu lembar kerja dokumen dapat dilakukan dengan cara menggunakan fitur break.
Pada Word, fitur break memiliki dua bagian yaitu Page Break, dan Section Break. Kamu dapat menggunakan fungsi Next Page yang akan menambahkan section break dan memulai section baru pada halaman selanjutnya.


 yukk langsung praktekin..
Langkah-langkahnya seperti dibawah ini:


  1. Buat lembar kerja baru
  2. Pada bagian Header dan Footer silakan isi sesuka kamu, lalu tambahkan Page Number dengan format yang kamu inginkan 
  3. Setelah itu masuk ke tab Page Layout dan pilih Breaks, pada bagian breaks, pilih Next Page.
  4. coba sekarang ke FOOTER > PAGE NUMBERS..Lihat halaman page nya.



jika sudah pilih format number yang anda ingin kan.. klik OK

Sebelum kamu merubah bagian Header dan Footer halaman kedua, pastikan kamu mematikan Link to Previous terlebih dahulu
Setelah itu kamu dapat merubah Header dan Footer pada halaman kedua dengan mudah

Kamu dapat mengunduh file yang telah saya buat untuk lebih jelasnya di unduh Contoh Membuat No Halaman, Header dan Footer berbeda.

Kamis, 11 Juli 2013

Tentang Konsultan

Arti Konsultan


 

Konsultan (istilah alternatif: pakar runding) adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan (consultancy service) dalam bidang keahlian tertentu, misalnya akuntansi, pajak, lingkungan, biologi, hukum, dan lain-lain. Perbedaan antara seorang konsultan dengan ahli biasa adalah sang konsultan bukan merupakan pegawai perusahaan sang penggunalayan (client), melainkan seseorang yang menjalankan usahanya sendiri atau bekerja di sebuah perusahaan kepenasihatan, serta berurusan dengan berbagai penggunalayan dalam satu waktu. (Wikipedia)

Jasa konsultasi, dalam  bisnis, adalah memberikan advice kepada klien dengan imbalan sejumlah fee tertentu. Klien mereka adalah perusahaan yang membutuhkan advice dan skill yang dimiliki oleh konsultan atas permasalahan yang sedang mereka hadapi. Perusahaan klien biasanya membutuhkan expertise dan perspektif outsider yang dimiliki oleh konsultan.
Beberapa perusahaan konsultan memiliki spesialisasi tertentu. Ada yang berkonsentrasi pada bidang pemasaran atau teknologi informasi. Ada pula yang memfokuskan diri hanya pada industri perbankan dan jasa keuangan. Sebagian konsultan menyasar pada pucuk pimpinan pemerintahan saja. Beberapa konsultan hanya memiliki dua orang staff saja. Tetapi beberapa yang lain bisa memiliki ratusan karyawan yang tersebar di berbagai penjuru dunia.
Namun, satu hal yang pasti, konsultan adalah problem-solver. The only product to offer is the ability to make problems go away.

Sejarah dan Perkembangan Jasa Konsultan

Menurut literatur, konsultan pertama adalah Arthur D. Little yang mendirikan usahanya pada tahun 1886 di Cambridge, Massachusets. Beliau memberikan bantuan teknis (engineering) kepada kliennya. Perusahaan tersebut kini telah mengalami kebangkrutan. Booz Allen Hamilton kemudian mendirikan perusahaan dengan struktur serupa di awal abad 20.
Kemudian pada tahun 1926, seorang professor dari Universitas Chicago, James McKinsey, mendirikan perusahaan “accounting and engineering advisors” yang memperkenalkan pendekatan dan framework yang berbeda. Ia tidak merekrut insinyur tradisional, melainkan eksekutif berpengalaman yang di-training dengan seperangkat analisis dan pengetahuan yang kontemporer di masa itu, meliputi strategi, kebijakan, goal, organisasi, prosedur, facilities, dan personnel.
Sejarah mencatat inovasi yang cukup spektakuler dilakukan oleh Boston Consulting Group (BCG). Dengan menggunakan pendekatan yang berbeda, BCG mengembangkan konsep tentang growth share matrix yang menjadi alat untuk menilai attractiveness suatu perusahaan dalam sebuah industri. Framework ini kemudian banyak diadopsi oleh konsultan lain dalam memahami persoalan bisnis dan peluang yang dapat dimanfaatkan.







Sejak itu, consulting firm mengalami kemajuan dan bertumbuh dengan pesat. Beberapa melakukan merger dan konsolidasi. Beberapa yang lain melakukan rebranding dan merubah struktur organisasinya. Begitu pula dengan pendekatan, metodologi, maupun framework yang digunakan dan dikembangkan juga kian kompleks dan komprehensif.

Senin, 08 Juli 2013

PT Pos Indonesia (Persero) Salurkan BLSM 2013

NEWS RELEASE
Nomor : 26/PR/0613

Bandung, 22 Juni 2013 – PT Pos Indonesia (Persero) kembali dipercaya pemerintah menyalurkan dana pemerintah, kini dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM). Pos Indonesia menyatakan siap mendistribusikan hak masyarakat penerima BLSM sebanyak 15.530.897 Rumah Tangga Sasaran (RTS) di seluruh Indonesia. Pos Indonesia mendapatkan data RTS Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan Kementerian Sosial Republik Indonesia dan sudah divalidasi oleh kedua instansi tersebut.
Pos Indonesia dinilai memiliki banyak pengalaman dalam menjalankan tugas-tugas Negara antara lain mencetak dan mendistribusikan Kartu Perlindungan Sosial (KPS), Pembayaran Program Keluarga Harapan (PKH), Penyaluran Bantuan Siswa Miskin (BSM), Bantuan Langsung Tunai (BLT) 2005 & 2008 dan penyaluran dana pemerintah lainnya.

Pos Indonesia mulai melakukan pembayaran BLSM 2013 sebesar Rp 150 ribu perbulan pada masa bayar pertama di 15 Kota diantaranya, Medan, Palembang, Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Denpasar, Makassar pada 22 Juni 2013 dan untuk Solo, Malang, Ambon, dan Jayapura  dibayarkan pada 24 Juni 2013. Masa bayar II akan dilakukan di 33 provinsi dan masa bayar III akan dilakukan di  410 Pemkab dan 98 Pemkot di seluruh Indonesia.

"PT Pos Indonesia menjamin proses pemberian kompensasi akibat kenaikan harga BBM tak butuh waktu lama guna didistribusikan kepada golongan yang dianggap berhak," ujar Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Dr. I Ketut Mardjana.
"Kami sudah siap, di antaranya berupa infrastruktur. Pos Indonesia juga sudah berpengalaman menyalurkan BLT, jaringan pun memungkinkan, jadi penyalurannya nggak akan lama," Tambah Mardjana.
Menurut dia penyaluran BLSM itu akan dilakukan di seluruh kantor cabang Pos Indonesia dengan sarana dan prasarana infrastruktur yang dimiliki serta pengalaman dalam menyalurkan BLT dianggapnya bukan sesuatu hal yang cukup sulit namun seluruh karyawan Pos Indonesia dengan serius dan bekerjasama untuk turut mensukseskan program pemerintah tersebut.
Mekanisme Pembayaran dan Ketentuan Pembayaran
Mekanisme pembayaran BLSM 2013 yaitu masyarakat (RTS) membawa Kartu Perlindungan Sosial dan kartu identitas yang masih berlaku dan datang ke kantor-kantor bayar yang sudah ditentukan. Pembayaran setiap tahap diperlakukan secara terpisah;  Apabila ada pemegang Kartu Perlindungan Sosial yang tidak mencairkan pembayaran tahap pertama di lokasi yang ditetapkan, masih dapat mengambil pada tahap kedua; Apabila tidak tercatat dalam Daftar Nominasi di lokasi kantor bayar terdekat, pemegang Kartu Perlindungan Sosial dapat dieskalasikan ke Kantor Pos untuk mendapat ijin pembayaran; Pemegang Kartu Perlindungan Sosial tidak diperbolehkan mencairkan di lokasi selain Kantor Bayar yang ditetapkan atau di Kantor Pos.

Reporting dari realisasi pembayaran BLSM tahap I ini dilakukan secara real time dan transparan melalui website www.kompensasi.info. “Pemerintah dan masyarakat dapat melihat releasasi pembayaran langsung, berapa yang terserap dan berapa yang sudah dibayarkan, semua bisa dilihat di website www.kompensasi.info ” jelas Mardjana. Untuk pengaduan terkait dengan proses pembayaran dapat disampaikan melalui email blsm2013@posinonesia.co.id
 
Sumber langsung dari PT.Pos Indonesia 

Pengertian Surat Dinas Lengkap 2013

 
Pengertian Surat dinas :

adalah surat berisi masalah-masalah kedinasan. Surat dinas digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti instansi dinas dan tugas kantor. Surat ini penting dalam pengelolaan administrasi dalam suatu instansi. Surat dinas ditulis untuk keperluan komunikasi antara kantor yang satu dan kantor yang lain atau antarorganisasi. Surat dinas dibuat oleh seseorang yang berkedudukan sebagai pejabat instansi pemerintah sehingga surat ini disebut juga surat jabatan.

Surat adalah alat komunikasi tertulis, atau sarana untuk menyampaikan pernyataan maupun informasi secara tertulis dari pihak satu kepada pihak lain (Nanda, 2008: 15). Surat adalah salah satu sarana komunikasi tertulis untuk menyampaikan informasi dari satu pihak, (orang, instansi, atau organisasi) kepada pihak lain (orang, instansi, atau organisasi), (Basri, 1996: 2).

Ciri-ciri surat dinas:

  1. Menggunakan kop surat dan instansi atau lembaga yang bersangkutan 
  2. Menggunakan nomor surat, lampiran, dan perihal 
  3. Menggunakan salam pembuka dan penutup yang baku
  4.  Menggunakan bahasa baku atau ragam resmi 
  5. Menggunakan cap atau stempel instansi atau kantor pembuat surat Format surat tertentu.

Syarat sebuah surat dinas:

  1. Format dan bentuk surat menarik, yaitu tempat teratur dan tidak diletakkan seenaknya,
  2.  isi tidak terlalu panjang, yaitu langsung pada sasaran dan tidak bertele-tele, 
  3. bahasa harus jelas, padat, baku, umum, yaitu harus komunikatif, sopan, mudah dipahami, simpatik, dan tidak menyinggung perasaan penerima,
  4. harus bersih dan menggambarkan citra pengirimnya.

Fungsi Surat Dinas:

Surat dinas mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut:

  1. Surat dinas sebagai bukti tertulis hitam di atas putih, terutama surat-surat perjanjian. 
  2. Surat dinas sebagi alat pengingat karena surat dapat diarsipkan dan dapat dilihat jika diperlukan. 
  3. Surat dinas sebagai bukti sejarah, seperti pada surat-surat tentang perubahan dan perkembangan suatu instansi. 
  4. Surat dinas sebagai pedoman kerja, seperti surat keputusan atau surat instruksi. 
  5. Surat dinas sebagai duta atau wakil penulis untuk berhadapan dengan lawan bicaranya.

    Bagian bagian Surat Dinas:
  1. Kepala Surat 
  2. Tanggal Surat 
  3. Nomor Surat
  4.  Lampiran Surat
  5.  Hal atau Perihal Surat
  6. Alamat yang dituju
  7. Salam Pembuka
  8. Pragraf Pembuka
  9. Pragraf  Isi
  10. Pragraf Penutup
  11. Salam Penutup 
  12. Tanda Tangan 
  13. Nama Jelas pendatangan
  14. Jabatan Penadatangan 
  15. Tembusan 
  16. Inisial

Minggu, 07 Juli 2013

Skype dan Cara Instalasi Applikasinya

 
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara
 
Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.  Skype diluncurkan pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.
 
Berikut ini adalah cara install Skype pada Komputer atau Laptop dengan sistem operasi Windows. Cara Installasi Skype ini dilengkapi dengan gambar sehingga sangat mudah diikuti, meski pemula sekalipun.
 
1. Download SkypeSetupFull.exe, bagi yang belum memiliki silahkan menuju ke web resmi skype.com untuk download versi terbarunya. coba di Sini
 
 
2. Jalankan file hasil download yaitu dengan cara double click file SkypeSetupFull.exe.
 

3. Silahkan pilih bahasa yang anda gunakan, English atau Indonesian, kemudian apabila anda ingin Skype otomatis dijalankan (run) saat komputer anda dihidupkan maka, biarkan tanda centang pada tulisan Run Skype when the computer starts. Bila menginginkan Skype akan dijalankan secara manual, maka silahkan hilangkan tanda centang tersebut. Silahkan klik I Agree - Next
 
 
 4. Jangan dihilangkan tanda centang pada tulisan Install Skype Click to Call dan lanjutkan dengan klik Continue
 
 
 
5. Tunggu proses installasi berjalan hingga selesai dan muncul jendela login seperti gambar di bawah ini.


6. Silahkan ketik username serta password Skype anda yang anda peroleh saat pendaftaran akun di Skype. Contoh di atas saya menggunakan username : mCbasri. Tanda centang pada tulisan Sign me in when Skype Starts dengan maksud apalia anda tidak perlu ketik username dan password lagi ketika anda menjalankan Skype, sehingga sudah langsung login secara otomatis.anda bisa menggabungkan akun Facebook anda ke dalam skype, agar anda bisa video call di Facebook atau langsung di Skype.


Silakan Mencoba