Senin, 04 Maret 2013

Buah Sebagai Pencuci Mulut Hanya Mitos


Ada beberapa pantangan yang sebaiknya mulai Anda ubah usai makan.

Dilansir dari Medic Manage (4/3), berikut ini beberapa hal yang sebaiknya dihindari setelah makan demi menjaga kesehatan tubuh Anda.

Jangan merokok. Penelitian para ahli membuktikan bahwa merokok sebatang rokok usai santap makan sama dengan merokok 10 batang, yang menyebabkan kemungkinan lebih tinggi terkena kanker.

Jangan langsung makan buah-buahan. Memang benar, makan buah dianjurkan bagi kesehatan. Sayangnya, memakan buah-buahan sebagai pencuci mulut setelah makan akan menyebabkan perut kembung. Makanlah buah-buahan lebih dari 30 menit setelah makan atau satu jam sebelumnya.

Jangan meminum teh.
Para ahli sepakat bahwa kopi dan teh sebaiknya tidak diminum setelah makan. Teh mengandung polifenool dan tanin yang mengikat zat besi. Ini akan menyulitkan tubuh untuk menyerap zat besi dan memperburuk orang yang kekurangan zat besi. Lebih baik untuk minum teh satu jam setelah makan.

Jangan mandi setelahnya. Pencernaan membutuhkan banyak energi sehingga memerlukan aliran darah yang baik. Ketika Anda memutuskan mandi air hangat, hal ini akan menaikkan suhu tubuh dan membuat aliran darah ke seluruh tubuh berkurang, termasuk ke kaki, tangan dan tubuh, sehingga jumlah darah di sekitar perut akan berkurang. Akibatnya, akan melemahkan proses pencernaan yang sedang berjalan.

Jangan langsung berjalan. Langsung bergerak usai makan malah menyebabkan refluks asam dan gangguan pencernaan. Maka, jika Anda ingin segera melakukan aktivitas lakukanlah setengah jam setelahnya. Berjalan santai akan membantu mengatur metabolisme ke tingkat yang lebih baik.

Jangan melonggarkan celana. Ketika perut kenyang, orang akan merasa perut akan meledak dan segera membuka kancing celana untuk melonggarkannya. Salah, melonggarkan sabuk celana justru membuat Anda merasa lebih nyaman, yang berarti Anda akan melanjutkan makan berlebihan.

Jangan langsung tidur. Hal ini akan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu mencerna dengan baik. Akhirnya, masala lambung dan infeksi usus tidak bisa terelakkan.

copyright Health- ghiboo.com

0 komentar:

Posting Komentar