Rabu, 26 September 2012

TIPS MENJAGA MULUT AGAR TIDAK BAU DI SAAT PUASA

TIPS  MENJAGA MULUT AGAR TIDAK BAU DI SAAT PUASA
  1. Minum Air Putih. Minum air sebanyak 8-10 gelas selama berbuka puasa dan saat sahur sehingga bau mulut dapat dinetralkan dengan cepat. Air putih juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi saliva (air liur) dalam mulut yang dapat membantu menjaga kebersihannya.
  2. Gosok Gigi. Setelah berbuka dan sahur, gosoklah gigi secara menyeluruh, termasuk bagian lidah. Jika kurang bersih dalam menyikat gigi dapat meninggalkan partikel makanan membusuk di dalam mulut.
  3. Minum TehHijau. Selain air putih, minum tehhijau tanpa gula ketika berpuasa dan makan sahur juga akan membantu mengatasi aroma tidak sedap pada mulut. Hal ini karena tehhijau mengandung zat polyphenol yang dapat membantu membunuh bakteri pada mulut dan saluran pernapasan. Fungsi lain dari tanaman ini adalah mengurangi peradangan pada rongga mulut dan gangguan pernapasan karena aspa rokok.
  4. Kurangi Makanan yang mengandung gula. Kurangi makanan yang banyak mengandung gula untuk mencegah pengeroposan pada gigi. Hindari pula makanan yang dapat menghasilkan bau tak sedap pada mulut, seperti petai, jengkol, dan durian.
  5. Hindari rokok. Merokok dalam kondisi tak berpuasa pun merupakan salah satu penyebab bau mulut yang tak sedap.
  6. Hindari makanan yang mudah lengket. Makanan seperti coklat, es krim, biscuit, dan kue basah lainnya. Jika ingin tetap mengonsumsi makanan tersebut segera berkumur atau dibersihkan agar makanan tersebut tidak menempel pada gigi dalam waktu yang sangat lama.
  7. Obat kumur antiseptik. Untuk hasil lebih maksimal, gunakan juga obat kumur antiseptik. Anda juga dapat menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi. Jangan lupa tinggalkan kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur malam.
  8. Olahraga ringan. Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa juga bermanfaat. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh, termasuk penyebab bau pada mulut. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memacu bau mulut yang tidak sedap juga.
  9. Benang gigi. Gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau dengan sikat gigi.
  10. Konsultasi dokter. Terakhir, segeralah konsultasikan dengan dokter gigi jika anda mengalami       masalah pada gigi dan mulut seperti gigi berlubang.
sumber limci.com

0 komentar:

Posting Komentar